Kisah Nabi Musa yang Menarik untuk Diceritakan

Ada banyak sekali kisah nabi yang bisa diceritakan kepada buah hati Anda sebagai pengantar tidur sambil memberitahunya nilai-nilai kehidupan. Salah satu kisah yang menarik untuk diceritakan adalah kisah Nabi Musa yang amat terkenal karena melawan Raja Fir’aun.

Ulul Azmi

Ulul Azmi hanyalah gelar yang diberikan kepada nabi tertentu karena memiliki ketabahan yang luar biasa. Ada lima nabi yang mendapatkan gelar ini yaitu Nabi Muhammad, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Isa, dan tentunya Nabi Musa. Gelar inilah yang membuat Nabi Musa dikaruniakan Allah kitab Taurat.

Penyelamat suatu Kaum dari Kekafiran

Keimanan merupakan sesuatu yang letaknya di dalam dada dengan meyakini kebesaran Allah dan mengamalkan segala perintahnya dengan menjauhi larangannya. Kisah  parenting islami yang menarik dari Nabi Musa tentang perintah Allah kepadanya untuk menyelamatkan kaumnya dari kekafiran.

Di mana untuk itu yang harus dilawan Nabi Musa adalah Raja Fir’aun yang menganggap dirinya adalah Tuhan. Seorang raja yang sangat kejam dan sombong, sehingga membuat banyak orang merasa takut dan akhirnya harus tunduk kepadanya. Bahkan Raja ini membunuh bayi laki-laki karena dianggap akan menganggu kerajaannya.

Nabi yang Menutup Usia di Baitul Muqadash

Kisah Nabi Musa yang menarik lainnya saat ia meminta wafat di Baitul Muqadash dan Allah mengabulkannya. Semua berkat kesabaran dan keteguhan hatinya dalam menghadapi sikap zalim dari Raja Fir’aun. Perjuangan Nabi Musa ini sangatlah panjang dengan segala sikap buruk Raja Fir’aun.

Nabi Musa tidak pernah menyerah atau pun putus asa. Beliau terus saja berjuang melaksanakan perintah Allah dengan menyelamatkan kaumnya. Di mana Allah memberikannya tongkat yang berubah menjadi ular saat ditantang oleh para penyihir. Setelahnya Allah juga menyelamatkan Nabi Musa dan kaumnya dari kejaran tentara Fir’aun.

Semua terjadi karena keyakinan Nabi Musa atas pertolongan Allah. Beliau dan kaumnya selamat dengan melewati jalan yang terbelah dari lari. Sementara tentara Fir’aun yang tetap mengejar terbenam di jalan itu karena Allah menutupnya kembali. Kisah yang sangat memukau atas setiap kejadian yang dialami Nabi Musa.

Dari kisah beliau jugalah Anda bisa mengajarkan kepada anak bahwa kekayaan bukanlah milik kita dan bisa lenyap kapan saja atas izin Allah. Seperti yang terjadi pada Fir’aun di mana emas dan uangnya berubah menjadi batu. Kesombongannya tak lagi punya arti dan itu tentunya berkat usaha Nabi Musa untuk terus berjuang di atas kebenaran, Islam.

Bagi Anda yang belum memahami tentang kisah Nabi Musa dengan baik, maka penting untuk membaca lengkap setiap ceritanya untuk mendapatkan bahan cerita kepada anak-anak. Kisah yang telah disampaikan ini tentunya akan menjadi inspirasi positif untuk anak-anak dalam bersikap dan menjaga keyakinannya. Anda tinggal memilih kata yang mudah dipahami si anak.